INI AKIBATNYA JIKA MINUM OBAT BERSAMAAN DENGAN 4 JENIS MINUMAN INI, SANGAT BERBAHAYA !



INI AKIBATNYA JIKA MINUM OBAT BERSAMAAN DENGAN 4 JENIS MINUMAN INI, SANGAT BERBAHAYA !

Kebanyakan orang minum obat dengan air putih dikarenakan agar lebih efektif menyembuhkan penyakit yang diderita dan memang sangat dianjurkan dengan air putih.
Tapi ada sebagian orang yang minum obat dengan selain air putih, misalnya teh, susu atau lainnya. Padahal minuman tersebut dapat mengurangi penyerapan dan khasiat obat dalam tubuh karena kandungan dalam minuman tersebut dapat mengubah sifat dan kerja obat di dalam pencernaan.

Sebagaimana yang dilansir oleh Foodsafetynews, pada dasarnya memang terdapat interaksi antara beberapa jenis antibiotika dan obat sejenis obat maag (antasida) dengan sejumlah minuman.
Bisa saja, obat-obatan tersebut membentuk gumpalan yang akan mengganggu penyerapan obat yang akan menjadikan kadar obat dalam tubuh menurun. Maka dari itu sebaiknya anda tidak mengonsumsi obat bersama 4 jenis minuman dibawah ini:

1.     SUSU
Minum obat dengan susu memang enak, rasa pait pada obat terkurangi bahkan hilang oleh rasa manis susu. Minum susu bersama obat ternyata dapat mengahmbat penyerapan obat dalam usus maupun lambung apabila obat yang dimium adalah obat antibiotik seperti Tetrasiklin,Siprofloksasin, Ofloksasin.

2.     KOPI
Minum kopi dengan gorengan tentu nikmat, terutama disajikan disaat panas bersama kawan atau keluarga. Tapi jangan coba-coba minum kopi dengan obat, karena kopi mengandung zat kafein yang dapat meningkatkan efek samping pada obat seperti rasa gugup, gangguan tidur, dan peningkatan denyut jantung. Tidak semua obat berbahaya jika diminum bersama kopi. Ada beberapa obat yang  sebaiknya tidak diminum dengan kopi karena efek samping yang ditimbulknnya, diantaranya: obat anti asma yaitu Albuterol, dan teofilin juga obat-obat yang merangsang susunan saraf pusat seperti klozapin. Bagi anda kecanduan kopi ada baiknya sebelum minum obat bertanyalah ke dokter bahwa anda penikmat kopi sejati.

3.     TEH
Air teh sudah sangat masyhur di masyarakat Indonesia khususnya sebagai minuman, baik yang kemasan siap saji maupun teh seduh. Maka tak heran minuman yang diolah dari daun pucuk ini sangat mudah didapatkan.
Tapi apakah minum obat dengan air teh itu aman?. Teh mengandung senyawa tanin yang dapat mengikat zat besi dan kandungan beberapa obat seperti efedrin dan kolsikin. Akibatnya air teh dapat mengurangi atau menghambat penyerapan obat dalam tubuh. Selainn itu teh juga mengandung zat kafein. Itu artinya minum obat dengan air teh dapat mengurangi khasiat obat karena penyerapannya tidak sempurna.

4.     ALKOHOL
Bagi anda yang kecanduan al-kohol  jangan sekali-kali anda minum setelah anda minum obat. Alkoholnya aja membuat anda tidak ingat apa lagi ditambah obat, bukannya sembuh bisa-bisa anda meninggal. Oleh karena itu, apabila anda membeli obat atau berobat ke dokter sampaikan kepada dokter atau apoteker bahwa sebelumnya anda mengonsumsi alcohol.

Sebaiknya minum obat dengan air putih agar khasiat dalam obat bekerja maksimal, agar cepat sembuh. Jika anda kecanduan minuman di atas sebaiknya ditunda dahulu hingga anda benar-benar  sembuh dari penyakit anda derita.

Sumber: tribunnews.com
Editor: beritatipsku.blogspot.com

1 komentar:

Author
avatar
Balas

SITE INFO