5 CIRI KOTORAN TELINGA YANG MENANDAKAN KONDISI KESEHATAN


foto (google image)



Apakah anda pernah merasakan gatal di dalam telinga anda?. Kemudian anda mengoreknya dan mengeluarkan kotoran telinga yang menurut anda mungkin penyebab gatal itu adalah kotoran telinga. Iya, hal itu bisa benar juga bisa tidak.

Perlu anda ketahui, Selain kotoran manusia (tinja) dan air seni (urine) yang dikeluarkan tubuh manusia, kotoran telinga juga bisa menandakan kondisi kesehatan anda.

Sebenarnya cara ini tidak umum digunakan tapi nyatanya kotoran telinga Anda bisa membantu  mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda, khususnya telinga itu sendiri.

“Sejujurnya, kotoran telinga tidak mendapatkan banyak perhatian dalam praktek kami,” kata assistant professor and otolaryngologist (ear, nose, and throat), Dr. Brett Comerdoc.

Anda dapat menilai kesehatan telinga anda dari kotoran telinga yang keluar atau anda keluarkan, sebagaimana dilansir dari laman radarbanten.com, berikut ciri-cirinya:

1.Telinga Berair Dan Berwarna Kehijauan.
Pernahkah anda mengalalmi telinga anda mengeluarkan cairan berwarna kehijauan?. Cairan yang keluar dari telinga anda dengan warna kehijauan dan bau tak sedap, menandakan kondisi telinga anda tidak sehat. Mungkin Hal itu terjadi karena hasil dari keringat anda yang bocor dan masuk ke dalam telinga kemudian tercampur dengan lilin. Tapi jika anda belum berkeringat namun telinga anda berwarna kehijauan atau berwarna kuning gelap ini telah  terjadi infeksi pada telinga anda.

2. Kotoran Telinga Lengket Atau Kering
Kotoran telinga anda lengket atau kering, jika kotoran anda kering itu menandakan kondisi tubuh anda normal. Karena umunya orang Asia mempunyai kotoran telinga  kering dan lengket dengan warna hitam kekuningan. Sedangkan orang-orang Afrika dan Eropa memiliki kotoran telinga yang basah, sebagaimana hasil penelitian yang tertuang dalam jurnal Nature Genetics.

3. Kotoran Telinga Memiliki Bau Yang Kuat.
Kotoran telinga anda berbau busuk yang sangat kuat menandakan kondisi tubuh anda tidak sehat. Telinga yang mengeluarkan kotoran dengan bau yang kuat bisa jadi disebabkan karena didalam telinga terjadi infeksi atau ada kerusakan di bagian tengah telinga. Hal inilah yang bisa menyebabkan sejumlah gejala yang dokter sebut dengan Otitis media kronis. Diantara gejalanya adalah bau busuk drainase dari telinga anda.

4. Pertumbuhan Kulit Yang Tidak Normal Pada Telinga
Pertumbuhan kulit yang tidak normal pada telinga menandakan kondisi tubuh anda tidak baik. Hal ini karena telah terjadi infeksi di dalam gendang telinga Anda yang  bisa menyebabkan pembentukan pertumbuhan kulit yang tidak normal yang disebut dengan kolesteatoma. Hal Ini semacam struktur kista. Selain itu, Tekanan dan rasa sakit di telinga Anda juga merupakan gejala kolesteatoma.
  
5. Kotoran Telinga Bersisik
Jika kotoran telinga anda bersisik anda tidak perlu panic dan khawatir karena kotoran telinga yang bersisik tidak terlalu beresiko pada kesehatan tubuh dan telinga anda. Namun, jika kotoran telinga tidak sering di bersihkan tetap akan mengganggu juga. Perlu anda ketahui kotoran telinga yang bersisik menandakan kondisi tubuh normal hanya saja usia anda bertambah tua. Makanya kotoran telinga yang bersisik hanya terjadi pada orang yang  lanjut usia.

Kotoran telinga jangan di anggap remeh, jika ada hal yang anda rasakan tidak wajar pada telinga dan kotoran telinga anda segeralah periksakan pada dokter spesialis telinga, agar anda mengetahui kondisi kesehatan telinga anda.

Mengorek telinga juga harus hati-hati agar telinga tidak luka dan sakit. Gunakan pengorek telinga yang lembut dan mengorek tidak terlalu dalam karena daerah sensitive.

Jagalah kebersihan telinga anda sehabis mandi karena kotoran telinga sedikit basah sehingga memudahkan untuk mengeluarkan kotorannya.
semoga bermanfaat tolong di bagikan ya…terima kasih.



4 komentar

Author
avatar

huh untung punya ane masih normal

Balas
Author
avatar

hahaha.....iya gan rajin-rajin di korek tu kuping biar bersih

Balas
Author
avatar

ane mah setiap hari bersihin :D

Balas
Author
avatar
Balas

SITE INFO