HATI-HATI MENGOREK KUPING Di BULAN RAMADHAN BISA BATALKAN PUASA, TOLONG DI SHARE !






HATI-HATI MENGOREK KUPING Di BULAN RAMADHAN BISA BATALKAN PUASA, TOLONG DI SHARE !

beritatipsku.blogspot.com
Masih banyak masalah-masalah yang dapat membatalkan puasa kita di bulan ramadhan ini yang kita belum mengetahuinya. Pasalnya pembatal-pembatal puasa tersebut sering kita kerjakan dengan tidak sadar ternyata hal itu dapat membatalkan puasa kita.
Diantara pekerjaan sepele yang sering kita kerjakan dapat membatalkan puasa adalah mengorek kuping. Mengorek kuping adalah memasukan benda ke dalam tubuh kita secara disengaja. Pada dasarnya puasa bisa batal apabila ada suatu benda yang di masukan ke dalam tubuh kita dengan sengaja. semisal mulut, hidung, telinga, anus dan kemaluan.
Menurut syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibary dalam kitabnya, Fath al-Mu’in mengatakan; “ Batal puasa disebabkan masuknya benda ‘ain ( yang jelas, dapat dilihat) meskipun hanya sedikit ke dalam (bagian) yang disebut Jauf; rongga dalam”.
Yang mesti diperhatikan dalam masalah ngorek kuping atau ngupil ini adalah ngorek kuping dibedakan menjadi dua. Ngorek kuping yang masih tahap biasa, yakni ngorek yang tidak sampai rongga telinga, ini tidaklah membatalkan puasa.
Ada pula ngorek kuping yang masuk terlalu dalam sehingga benda yang dimasukan ke telinga masuk mengenai rongga dalam. Maka hal ini dapat membatlakn puasa apabila dilakukan dengan sengaja dan sadar.
Setelah kita mengetahui bahwa ngupil allias ngorek kuping dan sebaginya yang berhubungan dengan ngupil dan memasukan benda sampai rongga dapat membatalkan puasa, hendaknya kit berhati-hati dan menjaga puasa kita agar tidak batal.
Semoga dengan menjaga ibadah puasa kita dari hal-hal yang membatalkan menjadi wasilah kita dijaga oleh Allah swt.
 (Sumber :Tribun ramadhan, editor: beritatipsku)


7 komentar

Author
avatar

thanks informasinya gan

Balas
Author
avatar

Wah, baru tau nih, kalo ternyata ngorek kuping juga bisa bikin batal puasa, hehe

Balas
Author
avatar

ngorek kuping yang terlalu nekat masuk terlalu dalam yang batal ternyata

Balas
Author
avatar

wut ? gua berarti batal dong kemarin -_-

Balas
Author
avatar

Ngorek kuping gak membatalkan puasa... Selama gak sambil makan gorengan. :v

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

hahaha...bener juga tuh

Balas

SITE INFO