LAWAN RISIKO KANKER ANDA DENGAN MINUM KOPI SETIAP HARI


 

Secangkir kopi yang di minum saat pagi atau saat santai ternyata banyak mengandung manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Selain itu kopi juga sangat mudah didapatkan khususnya di Indonesia mulai dari rasanya yang khas maupun tampilan dan variasinya. Berikut uraian manfaat sehat pada secangkir kopi.
1.     Kopi Menyehatkan Bagi Usus
Secangkir kopi yang anda minum diwaktu pagi atau disaat santai berdampak positif bagi usus. Hal ini telah dikemukakan dalam sebuah riset terhadap 165.000 orang di Belanda yang telah dilakukan oleh Dr.Cisca Wijmenga bersama timnya dari university of Groningen telah menemukan apapun yang dimakan oleh seseorang akan berakibat  langsung pada  keragaman mikrobiome di dalam usunya. Yang menarik dari riset ini adalah makin imbang pola makannya maka semakin beragam pula  bakteri di dalam ususnya dan ternyata hal ini pertanda baik bagi tubuhnya.
Dari sekian banyak jenis makanan yang dimakan 60 jenis diantaranya dapat mempengaruhi keberagaman mikrobiome ini diantaranya kopi dan teh merupakan jenis asupan yang membantu menjaga keseimbangan usus dalam tubuh disamping  yogurt dan anggur (wine).
2.     Kopi Dapat Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar
Kopi dapat menurunkan risiko kanker usus sebagaimana hasil penelitian Dr.Rennert,  Direktur Clait Israel Cancer Control Center, Haifa, Israel. Dalam sebuah penelitiannya mengonsumsi kopi 1-2 cangkir sehari dapat menurunkan risiko kanker usus besar sebanyak 26 persen. Makin banyak mengonsumsi kopi  maka makin besar juga risiko yang dikurangi.
Jika ingin mendapatkan penurunan risiko sebesar 50 persen maka kopi yang diminum lebih dari 2-5 cangkir dalam sehari. Namun Dr.Rennert mengaku belum bisa menjelaskan mekanisme seperti apa yang membuat kopi mampu memberikan pelindungan terhadap kanker usus besar. Dr.Rennert menduga yang dapat menurunkan risiko kanker usus besar bukan kandungan kafeinya melainkan kandungan antiosidan pada kopi yang dilepaskan pada saat proses roasting.
Menanggapi hal itu Susan Gapstur dari American Cancer Society mengingatkan bahwa minum kopi tidak serta merta dapat menurunkan risiko kanker usus besar pada seseorang. Jadi minum kopi boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan.

3.     Kopi dapat menurunkan risiko kanker prostat
Secangkir kopi yang anda nikmati setiap hari ternyata mampu menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini telah dilakukan penelitian oleh Tongji University Hospital, sanghai, mengonsumsi kopi sebanyak 2 cangkir sehari dapat menurunkan risiko kanker prostat sebanyak 2,5 persen. Ia menambahkan kalaupun terkena kanker prostat risiko kematiannya berkurang sebesar 24 persen dibanding bagi mereka yang tidak mengonsumsi kopi.
Ia meyakini efek tersebut karena dalam kopi mengandung senyawa-senyawa antiradang yakni cafesatol dan kahweol. Keduanya di sebutkan mampu menghambat tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.
Namun jika anda merencanakan kehamilan lebih baiknya mengonsumsi 2 cangkir kopi sehari tidak dilakukan karena ditengarai dapat meningkatkan risiko keguguran pada janin.

4.     Secangkir Kopi Mampu Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis
Pernyataan ini berdasarkan temuan yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal peer-reviewed, yakni jurnal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry pada edisi 3 Maret tahun 2015, telah mengungkap bahwa orang-orang yang rajin mengonsumsi kopi lebih terlindungi dari risiko multiple schlerosis (MS). Namun hubungan sebab-akibat dalam temuan tersebut belum benar-benar dapat terkonfirmasi. Ia meyakini, bahwa kandungan kafein pada kopi mempunyai efek protektif atau perlindungan pada otak dan sum-sum tulang belakang.

5.     Minum Kopi Dapat Mencegah Tulang Keropos 
Hal ini menurut penelitian yang dilakukan seoul national university hospital telah mengungkapkan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir dalam sehari dapat mengurangi risiko osteoporosis (tulang keropos) secara signifikan, terutama pada perempuan. Tapi peneliti mengingatkan jika minum kopi berlebihan, kandungan dalam kopi dapat menhilangkan zat-zat penting dalam tubuh seperti kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Ternyata kopi banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita asalkan kita tidak minum kopi berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfat dan selamat menikmati secangkir kopi bagi anda yang sedang menikmatinya.

Sumber: www.detik.healt.com




12 komentar

Author
avatar

Kalau Pake Kopi jessica Gimana Mas,Langsung Sembuh ?

Balas
Author
avatar

banyak sekali manfaat kopi jika dikonsumsi., namun sayang., aku jarang minum kopi di pagi hari.,kecuali pas suhu duingin., hehehe ijin share kak.,., thanks udah share

Balas
Author
avatar

Tapi efek kafeinya kok bilang beda ya

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

thanks silahkan di share semoga bermanfaat

Balas
Author
avatar

butuh penjelasan lebih lanjut???

Balas
Author
avatar

Emang kga ada efeknya gan kalo mnum tiap hari?

Balas
Author
avatar

ada ada efeknya lah gan silahkan di baca di blog ini efek minum kopi

Balas
Author
avatar

Malah bagus dari resiko kanker ya? malah baru tahu..
sayangnya.. kalau aku kebanyakan ngopi dan rokok langsung tepar

Salam,
Nur Kholis

Balas
Author
avatar

keren gan , aku sangat suka minum kopi, ternyata ini juga termaksud manfaatnya

Balas
Author
avatar

IYA GAN KALO KEBANYAKAN JADINYA G BAIK JUGA...THANKS..

Balas
Author
avatar

IYA GAN ASAL JANGAN MINUM KOPI JESIKA AJA KHWATIR TEPAR..

Balas

SITE INFO