Ini Tips Agar Ketupat Lebaran Tidak Cepat Basi Dan Bisa Lebih Tahan Lama

 


Ini Tips Agar Ketupat Lebaran Tidak Cepat Basi Dan Bisa Lebih Tahan Lama
Tidak terasa Sebentar lagi hari kemenangan akan tiba, biasanya ketupat dengan opor ayam menjadi menu andalan disantap bersama keluarga. Tapi ingat ya..makanan yang satu ini tidak tahan lama alias cepet basi jika tidak tahu proses penyajiannya.
Nah…agar ketupat bisa tahan lama berikut tipsnya:
Waktu Mengolah Dan Menyajikan
Untuk waktu pengolahan dan penyajian ketupat diuasahakan tidak terlalu lama misalnya membuat ketupat dua atau satu hari sebelum disajikan. Karena, jika lebih dari waktu tersebut rasa ketupat kurang enak dan tekstur ketupat akan berubah menjadi benyek dan kemungkinan ketupat  tidak dapat dikonsumsi lagi.
Proses Merebus Ketupat
Pada saat merebus ketupat, pastikan seluruh bagian ketupat suadah benar-benar terendam air. Agar ketupat yang direbus matang dengan sempurna. Jika pada saat merebus airnya berkurang, tambahkan dengan air mendidih. Di baliklah sesekali agar ketupat matang dengan merata. Tunggulah ketupat hingga matang antara 4-5 jam (kompor gas) dan 2-3 jam (dimasak dalam tungku menggunakan kayu bakar dengan api yang besar).
Manfaat Penyimpanan Ketupat Kalau Digantung
Penyimpanan ketupat yang digantung setelah masak lebih tahan lama dibandingkan dengan yang tidak digantung, karena ketupat yang digantung dapat menghilangkan kandungan air yang tersisa dalam ketupat. ketupat yang dibiarkan berair dan lembab akan memicu tumbuhnya bakteri serta ketupat cepat benyek dan tidak tahan lama. Ketupat yang digantung akan tahan lama 3-4 hari.
Menyimpan Ketupat Dalam Lemari Pendingin
Selain digantung, ketupat juga bisa disimpan dalam lemari pendingin dengan cara ketupat dibungkus dengan plastik. Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ada lubang pada plastik yang digunakan. Karena lubang tersebut kan membuat ketupat menjadi basah, dan ketupat tidak menjadi tahan lama. Dalam lemari pendiingin ketupat bisa tahan antara 4-7 hari asalkan cara penyimpanannya baik dan benar.
Jangan Simpan Di Tempat Yang Lembab
Maknan yang satu ini tidak boleh disimpan disembarang tempat. Agar tahan lama ketupat disimpan ditempat yang kering. Jangan menyimpan ketupat ditempat yang lembab, karena dapat menyebabkan timbulnya jamur pada ketupat.
Jika anda ingin mengonsumsi ketupat yang disimpan dalam lemari pendingin, cukup keluarkan ketupat  lalu kukus terlebih dahulu salama 30 menit. Nah…itulah tips membuat ketupat lebaran lebih tahan lama. (sumber: tribun/ed: beritatipsku.blogspot.com).

Selamat mencoba ya,.. semoga santap ketupat bersama keluarga dihari raya bisa lebih bermakna. Selamat hari raya idul fithri 1437 hijriya minal a’idzin wal fa’idzin mohon maaf lahir dan bathin apabila dalam penyajian informasi, berita, trik dan tips di blog ini banyak kekeliruan. Kami sangat berharap saran dan kritik yang membangun dari pembaca agar menjadi lebih baik lagi dalam penyajian informasi, berita, trik dan tips serta yang lainnya.




22 komentar

Author
avatar

nitip sendal http://angsanacomputer.blogspot.co.id/ kunjungi balik gan

Balas
Author
avatar

semua seperti yang sudah dilakukan emakku.. di gantung dan di simpan di kulkas.. hehehe.. tapi kalau keduanya di bandingkan masih enak di gantung.. karena kalau di simpan di lemari pendingin 2 hari teksturnya bisa keras..

Balas
Author
avatar

tipsnya WOW!! thanks udah sharing

Balas
Author
avatar

ane coba ya kalau udah lebaran hehehehe

Balas
Author
avatar

hahah...sama aja ternyata ya kalo ibu saya mah di gantung di atas bara api...biar anget terus...heheh

Balas
Author
avatar

owww...matap lah ke buang sia-sia

Balas
Author
avatar

Besuk dicoba ahh,,,thanks infonya

Balas
Author
avatar

Wah mantep nih tipsnya boleh dicoba buat ntar lebaran heheheh. Nice post gan

Balas
Author
avatar

agan ane udah mampir an jaluk baluk...

Balas
Author
avatar

maksudnya kagak kebuang sia-sia

Balas
Author
avatar

thanks...cara menulis konten sangat bermanfaat...

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

tipsnya keren biar ngga basi nih, thanks om, ane inget inget dah

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

hatur nuhun selamt mencoba...

Balas
Author
avatar

wah baru tau nih makasih tipsnya

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

Bener banget ketupat kalau sampek tidak dimakan dalam jangka waktu pendek maka akan basi jadi ini solusinya terima kasih gan

Balas
Author
avatar

mantaapp, thx gan ane jadi bisa menikmati ketupat lebih lama nih :D

Balas

SITE INFO