4 CARA INI AMPUH MENGATASI MATA PERIH KARENA CIPRATAN MAKANAN PEDAS ATAU CABAI







Cabai atau makanan pedas seakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia khususnya. Sebab kultur masyarakat Indonesia sangat menggemari makanan yang  pedas dan penuh dengan campuran rempah-rempah. Kebanyakan makanan masyarakat indonesia tersebut adalah termasuk makanan yang berkuah. Terkadang, ketika Anda mengonsumsinya anda tidak hati-hati, sehingga kuah yang pedas ini bisa memercik ke mata Anda tanpa sengaja.

Mata yang terkena makanan yang pedas atau cabai tentu perih, panas dan menyakitkan. Hal ini karena mata adalah organ yang sangat sensitive dan peka terhadap benda yang masuk terutama pedas. Bahkan mata anda bisa merah dan bengkak jika itu parah.

Nah, apakah anda Sering mengalami hal ini? Dilansir dari merdeka.com, berikut adalah cara sederhana dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan mata perih karena cabai.

1.  Bilas  Dengan Air Bersih
Hal pertama yang harus anda lakukan ketika  mata anda terkena cipratan makanan pedas atau cabai yang membuat mata perih dan merah adalah segeralah bilas dengan air bersih untuk mengurangi rasa perih pada mata. Gunakan air dingin untuk membilasnya agar mata terasa segar. Caranya, tuangkan air bersih yang dingin pada mangkuk atau piring, kemudian tenggelamkan wajah anda pada mangkuk yang berisi air tersebut dengan membuka mata anda. Lakukan sampai perih pada mata anda benar-benar hilang.

2.  Menggunakan Susu
Dengan menggunakan Susu, air susu sangat membantu untuk menetralisir zat capcaisin dalam cabai yang menyebabkan sensasi seperti terbakar pada mata. Selain itu, Susu juga akan menghilangkan minyak penyebab rasa perih pada mata. Caranya adalah bilas mata anda yang terkena cabai secara perlahan dengan susu sampai rasa perih pada mata hilang dan anda merasa lebih baik.

3.  Larutan Garam
Tidak banyak yang tahu bahwa air garam mampu mengobati mata yang perih karena terkena cipratan makanan pedas atau cabai. Cobalah dengan larutan air garam untuk membilas mata anda. Hindari menyentuh mata anda secara langsung karena akan mengaktifkan kapiler pada mata yang membuat mata anda akan lebih sakit. Caranya anda cukup membilas bagian luar mata anda dengan air larutan garam, biarkan larutan garam tersebut masuk kedalam bola mata anda secara perlahan.

4.  Gunakan Handuk
Jika rasa sakit karena mata perih ini masih muncul, gunakanlah handuk yang telah anda basahi dengan air dingin. Tempatkan handuk di mata anda sampai perihnya berkurang dan hilang.

Mata perih karena cipratan sambal atau makanan pedas memang sangatlah tidak nyaman ditambah warna pada mata anda menjadi merah. Oleh karena itu ketika anda mengalaminya, cobalah terapkan cara di atas untuk menghilangkan rasa perih pada mata anda.
Demikian tipsnya semoga bermanfaat dan lebih berhati-hati.


6 komentar

Author
avatar

tips yang sangat keren , thanks gan

Balas
Author
avatar

iya sama-sama gan semoga bermanfaat...

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

Lengkap banget gan caranya hehe

Balas
Author
avatar
Balas
Author
avatar

terima kasih gan semoga bermanfaat

Balas

SITE INFO