GAS ELPIJI ANDA CEPAT HABIS KETIKA MEMASAK ? INI TRIK UNTUK MENGHEMATNYA



GAS ELPIJI ANDA CEPAT HABIS KETIKA MEMASAK ? INI TRIK UNTUK MENGHEMATNYA
Beritatipsku.blogspot.com- ibu dapur  mana  yang tidak kesal  ketika lagi asik memasak untuk keluarga, tiba-tiba gasnya habis ? otomatis apinya mati, sudah pasti masakannya tidak jadi di hidangkan. Ditambah harga gas elpiji lagi mahal plus susah untuk mendapatkannya iya kan…??. Namun itu semua bisa diatasi, setidaknya meminimalisir pemborosan penggunaan gas elpiji.
Ibu dapur atau siapa aja bagi pengguna gas elpiji sebenarnya penggunaan gas elpiji ketika memasak bisa diirit alias diperhemat agar tidak menguras uang dapur. Berikut triknya :
1.   Ukuran Api
Ketika kompor dinyalakan, gunakanlah api dengan nyala api yang tidak terlalu besar  melebihi bagian atas penggorengan atau wajan. Karena selain untuk menghemat gas, proses pemanasan juga lebih merata.
2.   Tutup Wajan
Pada saat memasak air atau merebus, usahakan  agar selalu menutup panci atau wajan. Karena dengan cara ini proses pematangan bisa lebih cepa,t  itu dikarenakan uap  yang dihasilkan tidak terbuang sia-sia. Dan disamping itu juga kandungan nutrisi pada bahan pangan yang direbus tidak akan hilang.
3.   Matikan api sejenak
Lain dengan memasak atau menumis sayur,  ketika tumis sayur menjadi setengah matang matikan api pemasak  biarkan sayur atau tumis  tetap berada di dalam wajan atau panci karena sayur atau tumis akan mengalami proses pematangan akibat panas yang tersisa dari wajan atau panci pemasak.
 Nah….tahu kan sekarang agar gas didapur tidak cepat habis, kalo bisa hemat kenapa harus boros. Semoga bermanfaat ya semuanya, paling tida kita bisa meminimalisir penggunaan gas elpiji sesuai dengan kebutuhan kita.

Sumber : (tribun/beritatipsku.blogspot.com)


SITE INFO