IBU HAMIL SERING MUAL DAN MUNTAH? INI TIPS UNTUK MENGATASINYA




IBU HAMIL SERING MUAL DAN MUNTAH? INI TIPS UNTUK MENGATASINYA

Suatu kebahagian yang sangat besar bagi pasangan suami istri yang telah menantikan seorang anak. Kabar kehamilanlah yang ditunggu-tunggu pasturi dimana kesabaran dalam menantikan seorang anak terjawab sudah.
Memasuki periode kehamilan seorang ibu akan merasakan kondisi yang berbeda dari sebelumnnya. Secara fisik ibu hamil terlihat jelas diantaranya sering pusing, lemas, mual dan muntah. Namun hal ini adalah wajar dan lumrah dialami oleh setiap ibu hamil terlebih pada fase awal kehamilan. Untuk mengatasi gejala tersebut, berikut tips untuk mengahadapi mual dan muntah selama masa kehamilan menurut dr. Raehanul Bahraen.
§  Makanlah makanan dalam porsi kecil namun sering, tidak makan dalam porsi besar, karena hanya akan menambah mual. Makanlah sewaktu anda bisa makan meskipun dalam porsi kecil tapi sering.
§  Konsumsilah makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan protein seperti roti, biscuit, kentang dan lain-lain yang dapat membantu mengatasi rasa mual. Banyak makan buah dan sayur segar.
§  Ketika bangun tidur dipagi hari tidak terburu-buru bangun, tapi cobalah perlahan dengan duduk terlebih dahulu beberapa menit kemudian bangun dan beraktivitas. Jika merasa sangat mual ketika bangun tidur pagi cobalah makan snack atau biscuit terlebih dahulu sebelum anda berdiri dan beraktivitas untuk mengurangi rasa mual.
§  Kurangi konsumsi makanan yang berlemak, berminyak dan pedas karena dapat memperparah rasa mual anda.
§  Setiap hari minumlah air putih atau jus buah yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Jangan minum minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
§  Agar kehamilan anda tetap sehat konsumsilah vitamin kehamilan seperti asam folat meskipun menimbulkan rasa mual namun anda tetap memerlukannya untuk menjaga kesehatan kehamilan anda.
§  Jika diperlukan minumlah Vitamin B6 karena cukup efektif  mengurangi rasa mual pada ibu hamil.
Demikianlah tips mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Semoga dengan tips tersebut kesehatan ibu hamil tetap terjaga sampai melahirkan.
(Sumber: muslimahzone.com/editor.beritatipsku.blogspot.com)



2 komentar

Author
avatar

owh jadi seperti itu tipsnya, tq ya pengetahuannya

Balas
Author
avatar
Balas

SITE INFO