DIJAMIN AMPUH 10 TIPS SEDERHANA AGAR MUDAH MENGURANGI KETERGANTUNGAN PADA PONSEL


DIJAMIN AMPUH 10 TIPS SEDERHANA AGAR MUDAH MENGURANGI KETERGANTUNGAN PADA PONSEL





Di zaman yang serba modern ini teknologi semakin maju yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Seperti hand phone yang setiap harinya semakin canggih.
Apakah anda pernah merasa bersalah karena terlalu apet dengan ponsel pintar sehingga mengabaikan orang lain di sekitarmu? Jika demikian, anda sedang terjebak dalam ketergantungan ponsel pintar ini.
Tidak hanya menuai manfaat, menggunakan ponsel pintar ini juga menyenangkan. Dengan ponsel pintar ini kita tidak hanya berbicara dan sms saja, namun kita juga bisa mengirim email, facebookan, browsing, main game, video, dan klik-klik lainnya.
Namun kalo sudah berlebihan, tentunya tidak baik juga. Banyak hal yang terlewatkan jika waktu terlalu banyak dihabiskan dengan ponsel pintar.
Perasaan bersalah karena karena membiarkan ponsel yang mengatur kita ternyata bisa kita atasi. Bagaimana caranya agar kita tidak terlalu mengutamakan “benda” ketimbang orang.
Karena sering kali, kita mengalami kegagalan untuk memperhatikan dan mendengar orang lain karena keasyikan dengan dunia yang kita dapatkan dalam hand phone pintar.
Mengubah kebiasaan memang bukanlah hal yang mudah. Karena untuk mengubah kebiasaan ini, kita mesti berani untuk mengakui bahwa kita memang sedang diperbudak dalam kebiasaan yang buruk. Artinya, ketika ada orang yang menegur kita mengenai rapetnya kita dengan benda yang satu ini, kita tidak mengabaikannya. Kita lebih cenderung membuat pembenaran sehingga kebiasaan buruk tidak teratasi.
Berikut 10 tips yang bisa kita lakukan untuk lepas dan bebas dari ketergantungan ponsel pintar dan aplikasinya:

1.     Sebelum anda menggunakan hp, tanyakan pada diri anda, apa yang sebenarnya saya harapkan dengan melakukan ini ? apakah lebih baik menghabiskan waktu dengan teknologi atau menikmati waktu bersama keluarga tercinta dan orang yang ada disekitar kita.
2.     Tantang diri kita untuk mengakui dengan rendah hati pada diri kita, bahwa ada yang salah dengan perilaku kita. “ waktu saya habis hanya buat ponsel”, saya lebih mengutamakan ponsel dari pada keluarga saya.
3.     Membuat aturan jangka panjang. Misalnya, ketika saya akan pergi bersama anak dan istri saya, saya akan menggunakan ponsel saya hanya sebatas mengangkat telepon karena penting atau mengambil gambar disaat momen penting bersama keluarga.
4.     Membuat jadwal khusus untuk menggunakan gawai. Waktu ku bersama keluarga jauh lebih penting. Cobalah memberikan perbandingan berapa lama waktu ideal bersama keluarga tercinta dan berapa lama menghabiskan waktu untuk gawai.
5.     Prioritaskan sesuatu yang bernilai. Apa yang menjadi kegiatan yang lebih berguna dan bermanfaat untuk diri dan orang lain? Lakukan itu lebih banyak.
6.     Kenali “penyebab”. Kita lebih sering melihat gadget, mengeceknya, mengutak-atiknya hanya karena alasan klise. Seperti merasa bosan, jenuh, terganggu akan sesuatu, khawatir dalam menunggu respon orang lain di medsos.
7.     Puasa teknologi. Atur dan tetapkanlah waktu dimana kita tidak akan menggunakan ponsel sama sekali. Misalnya seminggu sekali ada waktu no teknologi. Dalam keseharian juga bisa dilakukan, misalnya tidak akan menggunakan ponsel di atas pukul 12.00
8.     Buatlah zona gadget. Misalnya, tidak ada penggunaan gadget saat di meja makan, kamar tidur, dalam masjid dan saat berkumpul bersama keluarga.
9.     Mintalah dukungan dari anggota keluarga tercinta. Terapkan aturan-aturan di atas juga dengan keluarga anda. Sehingga anggota keluarga tercinta bisa mendukung satu sama lain.
10. Utamakanlah kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan teknologi misalnya olah raga, hiking, menikmati suasana alam dll.

Sumber:.tribunnews.com
Editor: beritatipsku.blogspot.com



1 komentar:

Author
avatar

mantap ne tips, makasih

Balas

SITE INFO