KEYBOARD ANDA KOTOR, BERDEBU DAN LENGKET ? INI TIPS UNTUK MEMBERSIHKANNYA

KEYBOARD ANDA KOTOR, BERDEBU DAN LENGKET ? INI TIPS UNTUK MEMBERSIHKANNYA


Bagi anda yang bekerja di depan computer tentunya tidak akan lepas dari yang namanya keyboard atau papan ketik. Mungkin anda pernah mengalami keyboard yang sedang anda gunakan  tiba-tiba tidak dapat digunakan disaat pekerjaan anda banyak yang harus diselesaikan.
Sebagai salah satu perangkat periferal yang sangat penting  adakalanya keyboard yang anda gunakan tidak berfungsi secara maksimal disebabkan kotor atau berdebu.
Jika keyboard anda dirasa kurang berfungsi maksimal karena kotoran atau debu sebaiknya anda membersihkan keyboard anda dengan langkah sederhana berikut. Tapi sebelumnya anda harus melepas kabel keyboard yang terpasang pada computer atau laptop anda.
Debu
Debu merupakan salah satu masalah umum yang membuat keyboard terlihat kotor dan kusam . cara yang cepat dan mudah untuk mengatasi keyboard berdebu adalah dengan menggunakan sebuah sikat atau sikat gigi yang lembut .
Sedangkan untuk membersihkan keyboard yang berdebu pada laptop sebaiknya menggunakan vacuum cleaner berukuran kecil agar tidak terlalu merusak komponen laptop yang ada. Sedangkan untuk membersihkan debu yang membandel anda bisa menggunakan sikat yang lebih keras.
Kuman
Sangatlah wajar jika keyboard anda mnjadi sarang kuman karena keyboard  digunakan sehari-hari, sehingga berbagai kuman berkembang biak. Untuk membersihkan yang satu ini sebaiknya  anda menghindari produk desinfektan yang  mengandung elemen etil. karena elemen etil dapat mengikis huruf-huruf yang terdapat pada tombol keyboard.
Baiknya anda menggunakan alcohol yang mengandung isopropil karena lebih aman digunakan. Untuk Kadar alcohol yang anda gunakan sebaiknya 60 persen atau lebih. Untuk cara membersihkannya gunakan cotton bud atau kain, kemudian basahi dengan larutan pembersih. Gosokan pada permukaan hingga atas tombol keyboard secara merata. Untuk sisi-sisinya gunakan cotton bud.

membersihkan keyboard saat terkena air
Tumpahan Air
Untuk membersihkan keyboard PC dan not book anda dari tumpahan air minum, kopi atau yang lainnya. Hal yang pertama kali yang harus anda lakukan ialah mencabut keyboard dari computer.
Setelah itu, keringkanlah  terlebih dahulu keyboard anda yang terkena tumpahan air. Setelah kering, untuk menghilangkan cairan yang lengket seperti kopi, soft drink, eskrim dan yang lainnya pada tombol keyboard. Sebaiknya anda mencopot tombol keyboard satu persatu. Hal ini dilakukan agar tombol keyboard dapat dibersihkan dengan baik dan lebih mudah saat kembali dipasang.
Cara melepas tombol keyboard dengan mudah, jika keyboard computer anda bisa menggunakan pisau atau obeng pipih untuk mencopot tombol keyboard dari sisinya. Jangn trlalu banyak mengeluarkan tenaga untuk mencopotnya karena tombol keyboard sangat mudah lepas.
Sedangkan untuk keyboard pada laptop, anda cukup menggunakan kuku jari untuk melepas tombol keyboard. Berhati-hatilah saat anda melepas tombol karena mekanisme tombol keyboard rentan patah.
Setelah tombol keyboard di lepas, anda bisa menggunakan kain basah terlebih dahulu untuk menghilangkan bagian yang basah dan lengket pada tombol. Setelah bersih dan kering anda bisa menggunakan alcohol untuk membersihkan dasar keyboard.

Untuk hasil lebih maksimal anda bisa merendam tombol keyboard dengan air hangat kemudian mengeringkannya setelah itu pasang kembali.
Mudah kan, semoga bermanfaat dan selamat mmencoba

Editor : www.beritatipsku.blogspot.com
Sumber : www.liputan6.com




1 komentar:

Author
avatar

solusi terbaik keyboard Macbook A1708 A1709 kena air /kopi jadi susah ditekan, tombol keyboard Macbook Touchbar yg lepas http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

Balas

SITE INFO