INILAH LIMA MASALAH YANG MEMBUAT BAB ANDA TIDAK LANCAR




BAB tidak lancar membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman karena kotoran yang harusnya lancar keluar tidak kunjung keluar.  Susah BAB atau sembelit juga dapat memicu penyakit-penyakit lain berdatangan. Nah, berikut kita kenali hal-hal apa saja yang dapat membuat susah buang air besar atau sembelit agar kita tahu cara penanggulangan dan pengobatannya.

1.    Kurang Mengonsumsi Makanan Yang Berserat
Sulit BAB diantaranya adalah kurangnya mengonsumsi  makanan yang berserat sehingga meyebabkan feses menjadi lebih keras. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat membantu melancarkan BAB. Karena kandungan serat pada makanan dapat membantu feses menjadi lebih lembek karena serat bisa menahan lebih banyak air dalam feses. Diantara jenis makanan yang mengandung serat adalah kacang-kacangan, sayur-sayuran hijau, buah-buahan dan makanan yang mengandung serat lainnya.

2.    Saraf Usus Yang Bermasalah
Masalah sulitnya BAB tidak selalu disebabkan asupan makanan, namun bisa juga disebabkan system pencernaan bermasalah. Jika system pencernaan bermasalah tentunya dapat mempengaruhi proses pengeluaran feses dalam  tubuh. Dalam system pencernaan, usus berperan penting dalam proses penyerapan dan pembentukan feses, diantaranya  masalah pada saraf usus yaitu salah satu contohnya  pergerakan usus yang terlalu cepat  sehingga dapat menyebabkan penyerapan pada usus tidak optimal yang mengakibatkan  BAB menjadi sulit.

3.     Mengonsumsi Pisang Mentah
Mengonsumsi Buah pisang yang matang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh  bahkan dapat melancarkan BAB. Namun berbeda halnya mengonsumsi buah piasang yang belum matang atau masih mentah yang dapat menyebabkan sulit BAB. Karena pisang mentah tersebut akan sulit dicerna dalam tubuh karena pisang yang belum matang mengandung tanin.
Selain itu pisang mentah juga banyak mengandung pati sehingga berkontribusi terhadap sembelit. Agar BAB tidak sulit disarankan untuk tidak mengonsumsi buah pisang mentah lebih dari dua buah pisang perhari agar pergerakan usus besar dalam mencerna makanan tetap sehat.

4.    Menderita Suatu Penyakit
Suatu penyekit tertentu juga dapat mempengaruhi system ekskresi yang mengakibatkan lancar dan tidaknya BAB. Penyakit tersebut dapat menginfeksi sel saraf pada dinding usus besar dan menyebabkan sembelit. Dalam sebuah studi menyarankan seseorang yang sembelit untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jika sembelitnya terjadi tiba-tiba dan kronis agar lebih jelas penyebab dan cara pengobatannya.

5.    Kondisi Haid
Kondisi haid  dapat mempengaruhi BAB tidak lancar, alasannya ketika anda haid zat kimia yang disebut prostaglandin dalam tubuh akan dilepaskan oleh tubuh yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan dinding rahim. Nah, apa bila kadar zat kimia prostaglandinnya tinggi dapat menyebabkan susah BAB.
Apa bila kadar zat kimia prostaglandinnya tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kontraksi dan motilitas otot polos pada saluran pencernaan anda yang dapat menyebabkan susah BAB serta gangguan pencernaan lainnya.
Setelah kita mengenali hal-hal yang dapat membuat sembelit atau susah BAB, segeralah berobat dan konsultasikan pada dokter agar sembelit anda cepat sembuh.


Sumber: www.detikhealth.com

3 komentar

Author
avatar

Mantap gan, makasih atas info nya 😀

Balas
Author
avatar

Mantap gan, makasih atas info nya 😀

Balas
Author
avatar
Balas

SITE INFO