INILAH BEBERAPA EFEK MINUM KOPI YANG MEMBUAT ANDA TIDAK SUKA


INILAH BEBERAPA EFEK MINUM  KOPI YANG MEMBUAT ANDA TIDAK SUKA  


Bagi anda penikmat secangkir kopi, apakah setelah anda menghabiskannya merasakan efek pada tubuh anda seperti perut kembung, sering kencing dll??.
Berikut ini efek yang dapat anda rasakan setelah anda menikmati secangkir kopi.

1.     Setelah Minum Kopi Anda Selalu Ingin Bab
Bagi anda penikmat kopi, beberapa menit atau jam setelah menghabiskannya anda merasa ingin buang air besar. Penyebabnya ialah karena pada kopi mengandung zat kafein. Zat kafein pada kopi ialah mild diuretic yang bisa membuat tinja ( kotoran) dalam tubuh menjadi lebih cair dari normalnya.
Selain itu, zat kafein juga mempunyai efek pencahar bagi anda yang sensitif kimiawi yang terdapat pada kopi sehingga akan merangsang kontraksi otot pada usus besar yang mirip dengan kontraksi stelah makan.
Selain zat kafein, pada kopi juga mempunyai  sifat asam yang dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam empedu di dalam tubuh. Kemudian kopi merangasang kantung empedu untuk melepaskan empedu ke dalam usus sehingga menyebabkan diare.
Meskpun setelah minum kopi dapat membantu  merangsang untuk BAB namun kopi tidak dapat digunakan untuk obat sembelit atau susah buang air besar. Hal ini dikarenakan kopi bersifat deuretik, yaitu menarik cairan dalam tubuh dan mengeluarkannya dari tubuh. ada kemungkinan justru kopi dapat memperburuk kondisi seseorang yang sedang sembelit atau susah bab tersebut.

2.     Setelah Minum Kopi Perut Menjadi Kembung
Apakah anda merasakan kembung setelah menghabiskan secangkir kopi? Yang membuat perut anda tidak nyaman yaitu sering sendawa bahkan buang angin atau kentut.
Perut yang kembung setelah minum kopi itu disebabkan karena kopi dapat memicu rangsangan yang berlebih pada saluran pencernaan dan dapat memicu kejang di lambung yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Sebagaimana yang diungkapkan oleh seorang  ahli gastroenterology Dr Roger Gebhard,MD.

3.     Setelah Minum Kopi Anda Sering Buang Air Kecil
Yang paling menjengkelkan setelah minum kopi ialah bolak-balik ke kamar kecil atau sering pipis. Alasan ilmiahnya adalah seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kopi mengandung zat kafeiin yang mempunyai sifat diuretic, inilah  yang membuat anda sering pipis.
Meskipun sering pipis, kopi tidak menyebabkan anda kekurangan cairan tubuh selama mengonsumsinya tidak berlebihan. Karena kopi juga banyak manfaatnya bagi tubuh, diantaranya dapat menangkal radikal bebas. Sebab kopi mengandung senyawa penting berfungsi sebagai antioksidan jika minum kopi masih dalam tahap wajar yaitu 2-3 gelas setiap hari.

4.     Susah Tidur Setelah Minum Kopi

Minum kopi dimalam hari biasanya di lakukan oleh orang yang mau begadang, untuk yang tidak begadang atau besok paginya harus on time di kantor, jangan cobah-coba minum kopi. Karena kopi dapat membuat anda susah tidur.
Itu karena kafein pada kopi tidak hanya berfungsi sebagai perangsang tetapi juga dapat benar-benar memperlambat kinerja jam pada internal tubuh. Penyebab perlambatan ini adalah karena tertundanya produksi hormone tidur atau sering disebut melatonin disebabkan kafein. Penundaannya dapat berlangsung 40 menit.
Namun professor Derk Jan Dijk mengemukakan bahwa pada dasarnya kepekaan seseorang terhadap efek kafein pada kopi dapat berbeda-beda dan tidak bisa disama ratakan.
Demikianlah  sedikit penjelasan tentang efek pada kopi. Selain banyak efek yang ditimbulkan setelah minumm kopi. Namun ternyata kopi juga banyak mengandung manfaatnya juga. Maka agar efek kopi pada tubuh tidak besar, minumlah kopi pada taraf sewajarnya saja, tidak berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik.
(diambil dari detikhealt)






SITE INFO